Artikel Tips

Tips Kulit Ayam Goreng Krispi dan Gurih

Jejakuliner.com, Salah satu bagian ayam yang sangat lezat dan paling disukai tentu saja kulit ayam goreng krispi. Rasanya yang gurih dan sensasi kriuk menjadi favorit banyak orang.

Kulit ayam goreng yang renyah dan kriuk sering sekali dicari sebagai kudapan saat bersantai. Tak jarang juga berbagai rumah makan menjual menu kulit ayam goreng sebagai snack.

Anda juga suka dengan kulit ayam goreng? Ingin coba membuat sendiri tapi takut nggak serenyah kalau beli jadi? Nggak perlu khawatir lagi, ikuti tips berikut ini untuk kulit ayam goreng yang krispi dan gurih lezat!

1. Pisahkan Lemak dan Kulit Ayam

Langkah pertama supaya kulit ayam krispi adalah dengan membuang semua lemak yang ada di bawah kulit ayam. Lemak yang masih tertinggal pada kulit ayam justru bisa menghambat kulit ayam untuk krispi saat digoreng.

Meski tanpa lemak, kulit ayam tetap bisa enak, kok. Selain itu, menghilangkan lemak pada kulit ayam juga mencegah kulit ayam goreng bau tengik.

2. Rendam dengan air kapur sirih

Tujuan dalam perendaman kulit ayam dalam air kapur sirih yaitu untuk menjadikan kulit ayam nantinya akan terasa renyah setelah digoreng.

Langkah yang perlu dilakukan dalam proses ini yaitu dengan melarutkan kapur sirih dalam air, tunggu hingga kapurnya mengendap. Nah, air bening di bawah endapannya itulah air kapur sirih yang akan digunakan.

Rendam kulit ayam dalam air kapur sirih selama 1 jam. Setelah itu, cuci kulit ayam dengan air mengalir sampai bersih.

3. Beri bumbu merica dan garam

Kulit ayam goreng pada dasarnya sudah memiliki rasa yang gurih. Beri sedikit saja bumbu merica dan garam juga sudah cukup. Tapi kalau mau rasanya makin gurih lagi, bisa juga tambahkan bawang putih bubuk. Aduk rata.

4. Celupkan pada kocokan putih telur

Setelah dibumbui, celupkan satu persatu kulit ayam pada kocokan putih telur. Lalu, tiriskan pada wadah atau piring kosong.

Atau jika kulit ayam yang akan anda buat cukup banyak, tuang sedikit demi sedikit putih telur, aduk rata. Jangan sampai terlalu banyak ya, yang penting semua kulit ayam sudah dilapisi putih telur.

5. Lapisi dengan tepung beras

Nah, setelah semua kulit ayam dilapisi dengan telur, berikutnya kulit ayam perlu dilapisi dengan tepung beras. Melapisi kulit ayam dengan tepung beras sebelum digoreng berfungsi untuk menciptakan tekstur krispi yang tahan lama.

Ayak tepung di atas kulit ayam, kemudian balik-balik dan ratakan. Taruh kembali kulit ayam tersebut di atas ayakan anda. Lalu, ayak kembali kulit ayam tersebut untuk mengurangi lapisan tepung yang terlalu banyak.

6. Goreng deep frying

Panaskan minyak untuk menggoreng kulit ayam. Goreng kulit ayam dengan panas tinggi dan minyak banyak (deep frying) sampai semua kulit terendam minyak.

Karena menggunakan suhu tinggi, menggoreng deep frying akan mencegah kulit ayam jadi gosong. Cara ini juga akan membuat kulit ayam mudah matang merata, tidak berminyak, dan renyah sempurna. Goreng sambil dibalik-balik perlahan ya, sampai garing berwarna coklat keemasan.

Itulah tips membuat kulit ayam goreng yang krispi dan gurih. Ikuti tipsnya, kulit ayam goreng buatan anda pasti sukses dan lezat! Nah, supaya lebih sehat, selalu gunakan minyak goreng baru yang berkualitas.

Sumber: resepkoki.id

Related posts

Mau Coba? Mie Kuah Rasa Sup Jagung

wahyudi

Cokelat Rasa Pedas, Berani Coba?

wahyudi

Nasi Goreng Rendang

wahyudi

Leave a Comment