JK Spesial

Makanan Hangat Paling Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Jejakuliner.com, Ketika musim hujan telah tiba, bagi sebagian orang ini merupakan musim yang merepotkan dan juga bisa membuat kita jadi mudah sakit. Bagaimana tidak, dengan curah hujan yang semakin meningkat setiap harinya pada musim penghujan, pasti ada kalanya dalam satu hari tidak ada matahari sama sekali.

Hal yang paling menyebalkan ketika musim hujan salah satunya adalah masalah pakaian, karena disaat musim hujan pakaian yang kita cuci lalu kita jemur itu tidak bisa cepat kering dan bahkan bisa menimbulkan bau apek pada pakaian.

Selain hal yang menyebalkan tersebut, musim hujan juga identik dengan dingin yang membuat kita mudah merasakan lapar. Kalau sudah urusan perut, dingin-dingin pas musim hujan paling enak makan makanan yang hangat dan berkuah. Berikut ini beberapa makanan khas nusantara yang cocok untuk dimakan pada saat musim hujan tiba. Hmm, yang mana favorit kalian?

1. Bakso

Foto/Fitri sasmaya/cookpad.com

Bakso merupakan makanan yang paling banyak diincar banyak orang saat dingin di musim hujan. Rasanya sulit menemukan orang yang tidak suka makan bakso, rasanya yang lezat dengan harga terjangkau, membuat bakso disukai berbagai kalangan dan usia. Mudah ditemukan di mana-mana, bakso biasa dijual dengan gerobak keliling dan ada di kedai-kedai, bahkan di mal. Tinggal pilih, mau mau bakso urat, bakso isi telur, bakso isi rawit, bahkan bakso isi keju, ada semua.

2. Bakmi

Foto/adeknakemal.blogspot.com

Selain bakso, tentu saja bakmi adalah jenis makanan berkuah yang paling sering dicari ketika dingin mencekam. Mi rebus memang terbilang lengkap saat disajikan, makanya bikin kenyang ketika disantap. Kuahnya yang kental dengan kaldu dan aneka bumbu, ditambah potongan sayur dan isian seperti bakso, daging ayam, ditambah taburan daun bawang tentunya menambah selera. Selain bakmi Jawa yang biasa dimasak dengan anglo, hidangan mi lainnya yang jadi favorit seperti bakmi Bangka, dan bakmi celor.

3. Soto Mie

Foto/Foody.id

Kuah soto ditambah dengan irisan daging didalamnya pastinya bisa menghangatkan harimu saat musim hujan tiba. Soto sendiri ada banyak jenisnya lho, berbeda daerah biasanya berbeda juga sajian soto yang dimiliki. Namun semua soto pastinya nikmat jika disantap saat hujan.

4. Pempek

Foto by Ai | @Jakartarandomeats

Kuliner berikutnya berasal dari Palembang. Walau kuahnya tidak hangat, tapi rasanya yang khas memang cocok banget disantap saat hujan turun. Bayangkan lezatnya Pempek yang digoreng garing lalu disantap dengan kuah cuka yang diberi potongan timun dan taburan ebi. Tinggal pilih, mau menyantap pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan dan pempek kulit. Rasanya yang asam, manis, pedas bikin tubuh berkeringat.

5. Tongseng

Foto/Unilever Food Solutions

Tongseng adalah hidangan berisi potongan tomat, kol, bawang putih, cabe rawit, serta potongan daging kambing. Kuahnya terasa gurih penuh rempah-rempah, pas banget dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat. Kamu nggak suka makan daging kambing karena aromanya yang khas? Tenang, tongseng juga bisa disajikan dengan daging sapi atau daging ayam.

6. Sop Buntut

Foto/Siswa Mater

Kalau yang satu ini sih gak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Sop buntut diolah dengan bahan ekor sapi yang dicampur sayuran. Sedap dan nikmat bakal bikin lidah bergoyang. Perut dimanjakan, tubuh juga dihangatkan.

7. Mie Instan

foto/ingesz.livejournal.com

Mie Instan adalah salah satu makanan yang paling mudah dan cepat disajikan, cara membuatnya sederhana dan sangat nikmat dimakan saat hujan. Bisa ditambah dengan telur, sayur, dan potongan cabe yang banyak.

Dari beberapa makanan-makanan diatas, yang mana favorit kalian?

Related posts

Soto Sampah Yogyakarta

wahyudi

Sop Buntut Cut Meutia Yang Melegenda

wahyudi

Berani coba? Ada Kafe Yang Jual Kopi Dukun

wahyudi