JK Spesial

6 Kandungan Lemak Baik bagi Penderita Jantung

lemak baik

Jejakuliner.com, Untuk Anda yang memiliki penyakit jantung, menghindari makanan yang mengandung lemak pastilah sangat tidak asing untuk Anda dengarkan, terutama beberapa asupan makanan yang mengandung kandungan lemak yang tidak baik.

Hal ini dikarenakan, salah satu faktor yang mempengaruhi orang terkena penyakit jantung adalah jumlah asupan lemak yang terlalu banyak sehingga menyebabkan penggumpalan di pembuluh darah dan menyumbat aliran darah.

Namun, disisi lain lemak juga merupakan asupan yang tetap dibutuhkan oleh tubuh, meskipun Anda memiliki penyakit jantung, tetapi dengan catatan bahwa jumlah asupan serta jenis lemak yang dikonsumsi, tetap harus dijaga dan jenis lemak yang dipilih tentunya jenis lemak yang baik.

Apa saja jenis-jenis lemak baik yang boleh dikonsumsi untuk penderita jantung?

1. Minyak

Bahan ini umumnya dikenal sebagai salah satu komposisi yang penting untuk memasak, tetapi tidak jarang bahan ini juga seringkali dihindari karena efeknya yang tidak baik untuk penderita jantung, dikarenakan memiliki lemak yang bisa menyebabkan kolesterol dan jantung.

Namun, tidak perlu khawatir karena di era saat ini, pilihan minyak juga sangat beragam dan tidak semuanya memiliki lemak jahat, seperti minyak jagung, kacang kedelai dan kacang. Selain itu, ada juga minyak zaitun, minyak kanola dan minyak bunga matahari.

2. Buah Alpukat

Buah yang berwarna hijau di area kulitnya merupakan jenis buah yang cukup beda dengan golongan buah-buah lainnya. Hal ini dikarenakan dalam satu buah Alpukat mengandung karbohidrat dan juga lemak sebesar 77% dan kalori, yang artinya buah ini sangat tinggi lemak dibandingkan makanan hewani.

Namun, meski mengandung lemak, Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung 40% kalium yang banyak dibandingkan buah pisang serta mengandung banyak serat dan lemak tak jenuh tunggal yang memiliki manfaat untuk membantu penurunan kolesterol dan baik untuk dikonsumsi yang memiliki penyakit jantung.

3. Ikan Salmon

Kandungan omega-3 dalam ikan salmon, memiliki manfaat untuk membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan produksi kolesterol baik. Selain itu, ikan Salmon juga memiliki zat EPA dan DHA yang membantu untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi kerja organ jantung.

Sebuah penelitian di Amerika, menyarankan untuk mengonsumsi minimal 2 porsi ikan Salmon dalam seminggu, alasannya agar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh Anda berkurang.

4. Telur

Bagi beberapa orang awam, sangat menghindari telur terlebih untuk bagian kuningnya, karena mereka merasa bagian kuning telur ini tidaklah baik dikonsumsi untuk para penderita jantung karena memiliki kolesterol yang tinggi.

Namun, tidak tahukah Anda bahwa dalam satu butir telur memiliki kandungan sebanyak 5 gram lemak dan lemak jenuhnya hanya berkisar 1.5 gram sehingga bisa disimpulkan bahwa ketika Anda mengonsumsi telur dalam jumlah yang wajar, justru ini akan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, dikarenakan adanya sumber kolin yang baik.

5. Oatmeal dan Makanan Berserat Tinggi

Tidak banyak yang tahu bahwa oat merupakan makanan yang mengandung serat yang mudah larut, dimana serat ini sangat membantu untuk menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh Anda. Kandungan seratnya memiliki jumlah sekitar 3-4 gram dalam satu mangkuknya.

Bagi beberapa orang awam, oat merupakan makanan yang cocok untuk dikonsumsi ketika Anda dalam program diet, tetapi siapa sangka bahwa makanan ini juga sangat baik untuk menurunkan kolesterol karena serat pada oatmeal dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

6. Kacang-kacangan

Bagi beberapa kaum hawa, mereka menghindari kacang-kacangan dikarenakan takut berakibat jerawat. Namun, siapa sangka makanan ini justru merupakan sumber lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

Beberapa jenis kacang seperti Almond, Pistachio, kacang brazil, memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan juga kandungan serat, yang memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat sehingga kesehatan jantung Anda bisa semakin terjaga.

Nah, itulah penjelasan dari beberapa pilihan lemak yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Jadi, tidaklah perlu takut untuk mengonsumsi lemak, asal kita bisa memilih dengan bijak, mana lemak yang baik untuk Anda konsumsi. Selamat hidup sehat.

 

Sumber: gayasehatku.com

Related posts

5 Filosofi kopi, Rasa Pahit dan Manis Kopi Ternyata Memiliki Arti Mendalam

wahyudi

Surabi Duren Sukasari

wahyudi

Ternayata, Banyak Gizi Yang Terkandung Pada ‘Benang’ Putih Buah Pisang

wahyudi